Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta ini pada 1964 untuk melayani rute Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka, dan kecepatan kereta ini hanya 201km / jam
2.JR-Maglev MLX01 – Jepang
300 km/jam (186 mph), top speed 581 km/jam (361 mph)
Kereta yang menggunakan magnet superkonduktor train (maglev) mampu mencapai kecepatan 581km / jam, tapi kereta api ini tidak dioperasikan secara komersial.
3.Shanghai Maglev Train – China
250 km/jam (160 mph), top speed 431 km/jam (268 mph)
Kereta monorel berkecepatan tinggi yang disebut Transrapid ini adalah kereta buatan Jerman yang menggunakan teknologi magnetic levitation. Kereta ini telah di operasikan di Shanghai, Cina. Kereta monorel ini menempuh jarak 30 km dari bandara dalam waktu 7 menit 20 detik, dengan kecepatan rata-rata 250 km / jam (160 mph) dan kecepatan puncaknya 431 km / jam (268 mph).
Kereta monorel Transrapid ini belum diimplementasikan untuk jarak jauh antar kot
Kereta monorel Transrapid ini belum diimplementasikan untuk jarak jauh antar kot
4.Korea Train Express (KTX) – Korea Selatan
Pada tahun 2004, Korea Selatan menjadi negara kedua di asia setelah japan yang membangun jalur kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan beberapa kota utama. Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV (kereta api berkecepatan tinggi dari perancis)
5.Taiwan High Speed Rail – Taiwan
Setelah tertunda selama beberapa tahun, akhirnya Taiwan High Speed Rail diluncurkan tanggal 5 Januari 2008, kereta api ini dibangun berdasarkan Japanesse Teknologi Shinkansen, kereta ini adalah memotong waktu perjalanan dari Taipei ke Kaoshiung dari sebelumnya 4 jam menjadi 90 menit.
6.A Grande Vitesse (TGV) – Perancis
320 km/jam (199 mph) top speed 574.8 km/jam (357.2 mph).
TGV adalah produk andalan dari Perancis, nyaris menjadi ikon negara Perancis, seperti menara Eiffel dan Baguettes. Layanan kereta berkecapatan tinggi ini mulanya dikembangkan pada tahun 1970-an dan dibuka untuk umum pada 1981. Pada saat ini menjangkau 150 kota di Perancis dan beberapa kota asing yang terletak di Belgia, Jerman, Luksemburg, Italia dan Swiss.
Di antara jenis dan tipe TGV, yang memiliki kecepatan paling tinggi adalah TGV Réseau dan TGV Duplex, dengan kecepatan sekitar 320 km / jam (199 mph). Pada tahun 2007, SNCF yang merupakan Operator TGV dan Alstom selaku pihak yang membangun TGV, telah melakukan serangkaian percobaan. Rekor kecepatan resmi berlangsung pada 3 April 2007, ketika TGV mencapai top speed 574,8 km / jam (159,6 m/s, 357,2 mph). Ini adalah kereta konvensional tercepat yang menggunakan roda logam diatas rel logam.
7.InterCity Express (ICE) – Jerman
Pada awal 90-an, jerman meluncurkan kereta ini untuk melayani Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart rute, kereta ini dikembangkan oleh Siemens dan dapat mencapai kecepatan 280km / jam
8.Transrapid – Jerman
Jerman juga membuat kereta maglev yang dapat mencapai 550km / jam tapi sayangnya pada September 2006 terjadi kecelakaan dan membunuh 23 orang
9.Direttissima – Italia
Akhirnya kereta Direttissima itali diluncurkan untuk melayani rute dari rome dan Florensia dengan kecepatan 254km / jam
10.Eurostar – Great britain
Kereta ini mulai beroperasi pada 1994 dan melayani rute dari london ke perancis dan belgia (saluran air di terowongan) waktu perjalanan dari london ke paris adalah 2 jam 35 menit dengan kereta ini.
11.CRH - China
350 km/jam (217 mph), top speed 394.3 km/jam (245 mph)
China Railway High-Speed, yang merupakan sistem kereta api Cina, telah mengoperasikan sejumlah kereta peluru seperti CRH1, CRH2, CRH3, CRH4 dan CHR5. Jenis tercepat adalah CRH3, didasarkan pada teknologi Velaro Sony Ericsson, dirancang untuk berjalan pada kecepatan 350 km/jam (meskipun pada 2008, sebuah CRH3 mencapai kecepatan tertinggi 394,3 km/jam (245 mph) selama pengujian dilakukan antara Beijing dan Tianjin).
Model yang tercepat lainnya adalah CRH2, yang diproduksi oleh Jepang Kawasaki Heavy Industries. Pada bulan Oktober 2009, Kementerian Perkeretaapian China mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menginvestasikan 1,2 triliun yuan (US$ 175.44 miliar) untuk mengembangkan dan memperluas sistem kereta api di Cina. China memasang target untuk memiliki total panjang rel sebanyak 13.000 km pada tahun 2012. Sebuah kontrak baru kereta api berkecepatan tinggi juga telah ditandatangani antara Departemen Teknologi Perkeretaapian China melalui perjanjian lisensi dengan Kawasaki Heavy Industries.
Model yang tercepat lainnya adalah CRH2, yang diproduksi oleh Jepang Kawasaki Heavy Industries. Pada bulan Oktober 2009, Kementerian Perkeretaapian China mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menginvestasikan 1,2 triliun yuan (US$ 175.44 miliar) untuk mengembangkan dan memperluas sistem kereta api di Cina. China memasang target untuk memiliki total panjang rel sebanyak 13.000 km pada tahun 2012. Sebuah kontrak baru kereta api berkecepatan tinggi juga telah ditandatangani antara Departemen Teknologi Perkeretaapian China melalui perjanjian lisensi dengan Kawasaki Heavy Industries.
12.AVE - Spain
300 km/jam (186 mph)
AVE, yang berarti Spanish High Speed (Alta Velocidad Española), adalah kereta api dengan kecepatan hingga 300 km/jam (186 mph). Kereta ini dioperasikan oleh RENFE, sebuah perusahaan perkeretaapian yang dimiliki oleh pemerintah Spanyol, namun ada juga operator swasta seperti Alvia, yang berjalan pada kecepatan maksimum 250 km/jam (155 mph).
0 komentar:
Posting Komentar