Selasa, 06 Desember 2011

Trik Sukses Mengumpulkan Sumbangan

Diposting oleh Afiianna di 09.24
Jelaskan kondisi yang Anda ketahui tentang bencana itu, lalu bantuan apa yang ingin Anda kumpulkan untuk diberikan pada para korban.

KOMPAS.com - Setiap hari, selalu ada kejadian buruk yang menimpa orang-orang di sekitar kita. Mungkin, Anda adalah salah satu orang yang sangat peduli akan nasib sesama yang menderita dan tergerak untuk membantu mereka. Dan, Anda sadar bahwa beraksi sendiri tidak akan memberikan hasil yang besar dibandingkan dengan mengajak teman-teman. Anda pun mengajak teman-teman dekat maupun di kantor untuk mengumpulkan sumbangan.

Sayangnya, setelah beberapa kali Anda berusaha menggalang dana, respons yang diberikan ternyata tidak seperti yang Anda harapkan. Tidak banyak orang yang menyumbang, bisa karena tidak tahu atau sungkan. Ada juga yang mengeluh, malas menyumbang karena kesannya dipaksa. Nah, ada baiknya jika Anda menerapkan trik berikut ini, supaya acara pengumpulan sumbangan bisa sukses dan orang-orang yang membutuhkan akan bisa dapat bantuan:

1. Terangkan secara mendetail
Jangan hanya datang ke teman Anda lalu memintanya menyumbang dengan kalimat pendek dengan nada menodong, "Untuk korban gempa, nih." Jelaskan kondisi yang Anda ketahui tentang bencana itu, lalu bantuan apa yang ingin Anda kumpulkan untuk diberikan pada para korban. Begitu juga ketika Anda mengajak rekan-rekan untuk patungan mengumpulkan uang untuk diberikan pada seseorang di kantor yang baru tertimpa musibah. Ceritakan pada mereka seperti apa musibah yang menimpa, dan apa dampaknya bagi orang yang akan disumbang. Perlihatkan betapa Anda bersimpati terhadap kejadian ini, lalu ajaklah orang-orang untuk memberikan sumbangan.

2. Manfaatkan teknologi
Kirimkan e-mail ke teman-teman terdekat ataupun ke rekan-rekan kantor. Pastikan isinya terkesan ramah dan tidak memaksa, ya. Layangkan e-mail itu di pagi hari, ketika orang-orang baru saja mulai bekerja. Ini akan lebih cepat mendapatkan respons dibandingkan mengirimkannya sore hari, karena saat itu banyak orang sudah tidak mau memikirkan apa-apa lagi selain waktu  pulang kantor.

3. Jangan tetapkan angka
Mungkin akan ada orang yang bertanya pada Anda, sebaiknya dia menyumbang berapa. Untuk itu, tegaskan selalu bahwa ajakan Anda ini tidak pakai angka minimum maupun maksimum, serta tidak memaksa. Selain itu, jangan juga menentukan apakah sumbangan itu harus berupa barang ataupun uang. Intinya, terimalah segala bentuk sumbangan.

4. Jangan pilih-pilih orang
Ketika Anda akan menggalang dana, beritahukan semua orang yang Anda kenal. Jangan menjadi terlalu selektif dalam mengirimkan e-mail, misalnya karena Anda ingat orang itu tidak pernah menyumbang. Atau, karena orang itu Anda anggap tidak akan mau menyumbang. Selalu ada saat pertama untuk beramal bagi sesama, dan Anda tidak akan pernah tahu kapan itu terjadi. Karenanya, berpeganglah pada prinsip, semakin banyak yang tahu, semakin banyak yang menyumbang.

(Dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

 

AFIIANNA AL-LATHIIF Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting